Studi Ekskursi ke Pulau Dewata bersama STIKI Malang

Studi Ekskursi ke Bali

Hai Bro! Sekian lama tak ngeblog kali ini nantijugadibahas.blogspot.com ada lagi cerita waktu liburan ke Bali, Lebih tepatnya liburan sambil mencari ilmu, Yap kali ini saya akan bercerita tentang saya dan teman sekampus saya pergi untuk Studi ekskursi ke pulau yang sangat di impikan oleh warga manca negara dalam berlibur yaitu Pulau Dewata alias Pulau Bali.

Pada kesempatan itu Studi Ekskursi selama 3 hari 4 malam (termasuk perjalanan pulang pergi) ke pulau Dewata Bali. Kita berangkat dari malang jam 2 siang langsung transit ke pelabuhan Ketapang di Banyuwangi. Kami nyebrang sekitar jam 12an malam dan sampai disana udah pagi karena sayanya tidur ehe... Disana kita pertama kali datang ke pulau bali langsung disuguhkan sarapan yang enak dengan suasana yang menyenangkan oleh pihak travel. Setelah kami sarapan di pagi hari yang cerah, kami melanjutkan perjalanan menuju kantor Diskominfos Bali yang berada di Jl. Panjaitan No.7 Sumerta Kelod, Depasar Selatan.

Di Diskominfos Bali kami mendapatkan banyak ilmu yang yang bisa diterapkan misal dalam menerapkan wifi gratis di kampung kampung. Pada saat itu juga Diskonminfos Bali juga sedang dalam mengerjakan Projek Bali Smart Island. Mereka menjelaskan tentang apa itu Bali Smart Island. Dengan banyak penjelasan yang cukup menarik kami pun sangat puas dengan pejelasan beliau beliau tentang pentingnya penerapa E-Government pada zaman yang serba terkomputerisasi seperti sekarang ini.

Setelah dari Diskominfos Bali kami melanjutkan studi ekskursi ke Bali Orange. Bali Orange, adalah perusahaan pengembang software house dan juga penyedia hosting yang mempunyai kantor di jl. Narakesuma No.11, Sumerta Kelod, kec. Denpasar Selatan, Bali. Disana ada hal menarik yang bisa aku petik pelajaran. Mereka tau kalau kami para mahasiswa pasti sering merasakan bosan ketika mendengarkan "ceramah" ehe... penjelasan lah, tetapi Bali Orange memiliki trik tersendiri yaitu dengan bercerita tentang berdirinya Bali Orange dari 0 sampai sebesar sekarang ini dengan kami para audiens tetap dalam kondisi berdiri. Setelah owner Bali Orange bercerita banyak saya mendapatkan ilmu yang cukup besar disitu dimana ilmu yang saya dapat bisa dibilang ilmu yang nekat, yakni ketika kita menemukan kesempatan yang besar meskipun kita belum mengetahui apa yang akan kita hadapi, kita harus BERANI mengambil resiko, meskipun resiko yang akan kita hadapi terlampau besar. itu yang saya dapat di Bali Orange.

Setelah dari Bali Orange, Studi Ekskursi di lanjutkan belibur ke Pantai Pandawa Bali, tetapi dalam perjalanan kami dilewatkan di jalan tol diatas laut yang bernama Tol Bali mandara. Tol laut yang sangat indah dengan pemandangan pulau Bali yang cukup indah dengan bis kita yang menghadap ke patung terbesar di Pulau Dewata yakni Patung Garuda Wisnu Kencana . Setelah memakan waktu yang cukup panjang dengan pemandangan indahnya pulau dewata. kamipun sampai di pantai pandawa. Di pantai pandawa kami bersantai santai di pinggir pantai dengan cahaya matahari yang cukup terik. kami bersenang senang disana.

Setelah dari pantai Pandawa kami melanjutkan perjalanan untuk istirahat di Hotel Salak yang berada di jl. Gunung Salak no. 78, Padangsambian Klod, Denpasar Barat, Bali. Hotel salak cukup nyaman bagi kami, bahkan ada fasilitas kolam renang disana yang bikin kami makin betah untuk berlama lama disana. dengan mengahbiskan waktu istirahat dari sore sampai malam, kami pun menghabiskannya dengan bersantai santai di pinggir kolan dengan menikmati sunsetnya Bali yang bikin saya kagum dengan nuansa yang ada di sana.

Pagi menjelang di hari Rabu kami disuguhkan dengan sunrisenya Bali yang cukup indah dengan dikelilingi sawah khas bali. Melanjutkan Studi Ekskursi kamipun pagi selesai sarapan melanjutkan dengan pergi ke tempat Tari Barong. di sana kami melihat indahnya tarian Barong dengan cerita yang mengirinya. Setelah itu kami melajutkan perjalanan menuju Bulls eye Bali. di kantor Bulls eye kami melihat kecanggihan dan kemodern-an kantor yang dimiliki Bulls eye. Setelah dari Bulls eye kita melanjutkan perjalan ke tempat oleh-oleh yakni Krisna oleh-oleh khas Bali. dan setelah itu kami balik lagi ke hotel dan mendapatkan free time dihotel dari sore hari hingga malam.

Di waktu senggang itu saya dan teman saya ber 8 pergi ke pantai yang sering orang kunjungi kalu berlibur ke Bali, yap kami menuju ke pantai Kuta, di pantai kuta kami menghabiskan malam dengan bercerita, seru-seruan, di pinggir pantai dengan pemandangan langit malam di pantai kuta. kami bersenang-senang disana sampai tengah malam, dan kami pun balik ke hotel hingga jam 1 dini hari.

Pagi hari di hari terakhir kami berwisata di Bali, kami mulai dengan sarapan seperti biasanya dan melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Blangsinga yang dekat dengan tempat oleh oleh Krisna, Saya pun tak lupa mengambil video buat dokumentasi pribadi yang memang mulai awal sudah saya ambil video di beberapa tempat objek wisata dan di beberapa perusahaan yang kami kunjungi. di Air Terjun BlangSinga ini saya kagum dengan pengelolaan wisata yang ada disana, tertata dengan rapi dengan adanya cafe didekat situ sehingga sangat menarik wisatawan yang berkunjung kesana.

Setelah dari Air terjun Balng Singa kami melanjutkan perjalanan terakhir menuju desa wisata Panglipuran yang terletak di jl. Penglipuran, Bangli, Bali. disana keren juga dengan ke tradisionalan rumah mereka, desa Panglipuran sudah bisa menarik para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. saya pun belajar dengan desa itu bahwa, Ketika kita bangga dengan apa yang telah diberikan dan diwariskan oleh nenek moyang kita, kita harus bertanggung jawab dengan melestarikan warisan mereka.

Setelah dari desa wisata Panglipuran, kami melanjutkan perjalanan pulang dan diakhiri dengan penutup di pulau Bali dengan Makan Malam di salah satu tempat makan yang dekat dengan daerah perbukitan. setalh itu kami pun pulang ke Gili manuk dan lagsung ke Malang.

Selesaaaiiii...

wait, ini adalah dokumentasiku selama perjalanan di Bali. Tonton sampe abis yak.

nb: Editor Amatir :v

Popular posts from this blog